Rabu, 11 April 2012

Beberapa rumus dalam B.Korea part.2

Kalimat negative

objek + 안 + kata kerja

공부를 안 했어요 (kongbureul an haesseoyo) = aku belum selesai belajar

고기를 안 먹어요 (kogireul an meogeoyo) = aku tidak makan daging







Kumohon, lakukan …. Untukku!

kata kerja + 아/어/해 + 주세요!

깎아 주세요! (kakka juseyo)=kumohon potongkan untukku!

노래해 주세요! (noraehae juseyo)=kumohon menyanyilah untukku!







Jika/kalau/apabila ….

(으)면

만원 있으면, 주세요! (manwon isseumyeon juseyo!)=kalau kamu punya 1000 won, berikan padaku!

안 나가면, 나 갈께요! (an nagamyeon, na galkkeyo!)=kalau kamu tidak keluar, aku yg akan keluar!







Ketika

kata kerja + ㄹ/을 + 때

병원에 있을때 선생님을 봤어요! (byeongwone isseulttae seonsaengnimeul bwasseoyo!)=ketika berada di rumah sakit aku melihat senior!

내가 갈때, 너의 친구를 왔어요! (naega galttae, neoeui chingureul wasseoyo!)=ketika aku pergi, teman mu datang!







Ayo ….!!

kata kerja + ㅂ/읍 시다

먹읍시다! (meogeubshida)=ayo kita makan!

공부합시다!(kongbuhabshida)=ayo kita belajar!







Bagaimana …. ?

어떻게

이것을 어떻게 만들었어요? (igeoseul eotteohke mandeureosseoyo?)=ini bagaimana membuat’y?







Berasal dari ….

kata benda + (으)로

손으로 만들었어요 (soneuro mandeureosseoyo)=berasal dari buatan tangan







Mulai …. Sampai ….

…. 부터 …. 까지

이제부터 내일까지 먹을 안돼요! (ije butheo naeil kkaji meogeul andwae!)=mulai sekarang sampai besok gk boleh makan!







to be continue.....

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites